Eid al Fitr |Cuti utama Islam

Terima Kasih Atas Sokongan Anda

عيد مبارك

Eid al-Fitr

Eid al-Fitr merupakan salah satu dari dua hari raya Islam utama yang menandakan berakhirnya bulan suci Ramadan. Ia memegang makna penting bagi umat Islam atas beberapa alasan berikut:

Eid al-Fitr menandai berakhirnya puasa dari matahari terbit hingga matahari terbenam selama sebulan penuh dalam Ramadan. Ini adalah waktu untuk merayakan pencapaian spiritual dan disiplin diri yang dicapai selama bulan suci ini. Pada Hari Raya Idul Fitri, umat Islam berkumpul untuk salat komunal khusus dan merayakan dengan keluarga, teman, dan komunitas mereka yang lebih luas. Ini menekankan pentingnya komunitas dan kebersamaan dalam kepercayaan Islam.

Beberapa hari sebelum Idul Fitri, umat Islam menyumbangkan makanan kepada orang miskin, yang dikenal sebagai “sadaqah al-fitr” (amal berbuka puasa). Ini memastikan bahwa semua orang dapat berpartisipasi dalam perayaan tersebut. Idul Fitri mewakili awal yang segar dan komitmen yang diperbarui terhadap kepercayaan Islam setelah penyucian spiritual Ramadan. Ini adalah waktu kegembiraan, pengampunan, dan penguatan ikatan komunitas.

Sejarah Idul Fitri

Idul Fitri merupakan salah satu dari dua hari raya Islam utama, yang lainnya adalah Idul Adha. Idul Fitri pertama kali dirayakan pada tahun 624 M di Madinah, setelah umat Muslim menyelesaikan puasa sebulan pertama mereka selama Ramadan.

Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci Ramadan, di mana umat Islam berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam. Ini adalah salah satu dari lima pilar Islam. Perayaan Idul Fitri ditetapkan oleh Nabi Muhammad setelah dia berhijrah dari Mekah ke Madinah.

Secara tradisional, Idul Fitri dirayakan selama tiga hari, dengan umat Islam melaksanakan salat komunal, pesta, pemberian hadiah, dan mengunjungi teman dan keluarga. Beberapa hari sebelum Idul Fitri, umat Islam menyumbangkan makanan kepada orang miskin, yang dikenal sebagai “sadaqah al-fitr” (amal berbuka puasa), sehingga semua orang dapat merayakan dengan makanan istimewa.

Tanggal pasti Idul Fitri bervariasi setiap tahun dan ditentukan oleh pengamatan bulan sabit, yang menandai awal bulan baru dalam kalender lunar Islam.

Idul Fitri memiliki asal-usulnya pada masa awal Islam, ketika ditetapkan oleh Nabi Muhammad untuk menandai berakhirnya bulan suci Ramadan dan selesainya puasa sebulan. Sejak itu, Idul Fitri menjadi perayaan tahunan utama bagi umat Islam di seluruh dunia.

Ucapan umum yang digunakan selama Idul Fitri:

Eid Mubarak (عيد مبارك)

Ini mungkin adalah ucapan paling umum, yang berarti “Idul Fitri yang Diberkahi/Senang”. Ini dapat digunakan untuk Idul Fitri dan Idul Adha. Jawabannya bisa “Eid Mubarak” atau “Allah Yebarek Feek/i” (Semoga Allah memberkati Anda).

Eid Fitr Saeed (عيد فطر سعيد)

Ucapan ini secara khusus mengharapkan “Idul Fitri yang Senang”. Jawabannya bisa ucapan yang sama kembali atau “A’layna wa a’leykom” (Atas kami dan atas Anda).

Min al-Aydeen (من العايدين)

Ucapan Arab dari Yaman ini mengharapkan agar orang tersebut “termasuk di antara mereka yang merayakan Idul Fitri berulang kali”. Jawabannya adalah “Min al-Fayzeen” (Semoga Anda termasuk yang berhasil).

Eidkum Mubarak wa Asakum min Uwwadah (عيدكم مبارك وعساكم من عواده)

Ucapan dari wilayah Teluk yang berarti “Semoga Anda memiliki Idul Fitri yang diberkahi dan semoga Anda melihat banyak Idul Fitri lagi”. Jawabannya adalah “Mubarak ‘alayna wa alaikum inshallah” (Insya Allah, berkah bagi kita dan kamu).

Kol Sana wa Anta/i Tayyeb/a (كل سنة وأنت/أنتِ طيب/طيبة)

Ucapan Mesir yang berarti “Semoga setiap tahun Anda baik-baik saja”.

Makanan tradisional yang biasa dimakan selama perayaan Idul Fitri

Hidangan Gurih:

  • Hidangan domba seperti sfiha domba (pastri domba), kari domba, dan tusukan domba Xinjiang
  • Biryani, baik yang berbasis sayuran maupun daging
  • Kari dan semur seperti ayam tikka masala, murgh kay tikkay (tikka ayam), dan rendang daging sapi
  • Shawarma ayam panggangan

Manisan dan Dessert:

  • Ma’amoul (kue kering isi kurma)
  • Ghraybeh (kue kering)
  • Shir khurma (puding mie soun)
  • Barfi (fudge berbasis susu)
  • Warbat cokelat dan hazelnut (pencampuran lapisan)
  • Labneh dan kurma isi kacang renyah
  • Kue bundt kelapa
  • Sirup lemon dan mawar

Roti dan Pastry:

  • Chapatis
  • Börek (pastri gurih)
  • Khetayee (biskuit pistachio)

Rujukan

WIKIPEDIA  https://en.wikipedia.org/wiki/Eid_al-Fitr
BBCGOODFOOD  https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/what-is-eid-al-fitr-and-how-is-it-celebrated
SBS AU  https://www.sbs.com.au/food/the-cook-up-with-adam-liaw/article/12-dishes-perfect-for-celebrating-eid-al-fitr/hrn1kycls
EATRIGHT  https://www.eatright.org/food/cultural-cuisines-and-traditions/holidays-and-celebrations/eid-al-adha-the-festival-of-sacrifice
WOMANSDAY  https://www.womansday.com/food-recipes/food-drinks/g39674297/eid-al-fitr-food-dishes/
Natakallam  https://natakallam.com/blog/8-ways-to-wish-someone-a-happy-eid-in-arabic/
BRITANNICA  https://www.britannica.com/story/eid-al-fitr
INDIATIMES  https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/events/eid-mubarak-why-is-eid-ul-fitr-celebrated-heres-why-eids-date-changes-every-year-on-the-gregorian-calendar/articleshow/99588164.cms
PBS  https://www.pbs.org/newshour/classroom/classroom-voices/student-voices/2023/06/5-facts-to-know-about-the-muslim-holiday-eid
BRANDEIS EDU  https://www.brandeis.edu/spiritual-life/resources/guide-to-observances/eid-al-fitr.html
AHLAIMAGES https://www.ahlaimages.com/2018/06/images-eid-al-fitr.html?showComment=1528942936232

Related Posts

Translate »